4 Negara Ini Pungut Pajak Bisnis Paling Besar Di Dunia

Posted on

4 Negara Ini Pungut Pajak Bisnis Paling Besar Di Dunia

Konsultan Pajak Jakarta – Seperti pada umumnya, tiap tahun The World Economic Forum berhasil menerbitkan sejumlah data lapora yang masih ada hubungannya dengan kondisi dari perekonomian dunia yang biasa disebut sebagai Global Competitiveness Report. Dan dalam proposal penyusunan itu, WEF memakai sejumlah indicator, seperti data tingkat inflasi dari suatu negara serta input data yang asalnya dari pola pengajaran pelajaran MTK di sekolah. Di mana hasil dari kompilasi sejumlah data itu nanti akan menunjukkan gambaran umum dari kondisi ekonomi negara.

Salah satu pokok indicator yang digunakan pada laporan WEF tersebut merupakan pungutan pajak yang akan dibebankan pada pebisnis serta pelaku usaha. Dan dalam menentukan rasio pajak, WEF memakai perhitungan”total tarif pajak” di mana sumbernya adalah world bank. Dan berdasarkan pada hitungan beban pajak yang dimaksud adalah pungutan yang dibebankan pada pelaku dari kegiatan bisnis bukannya para pekerja. Berdasarkan data yang ada, berikut ini sejumlah negara yang telah berhasil menerapkan rasio pungutan pajak paling tinggi di dunia.

Nicaragua

Berada di urutan paling bontot, adalah negara Nicaragua yang ibukotanya berada persis di Managua. Berdasarkan dari data rasio pajak bisnis di negara tersebut, didapati data sebesar 65.8%. Pemerintah berupaya dengan baik untuk memicu laju dari para investor dengan cara melakukan sejumlah perbaikan. Di tahun 2012, lembaga dari IMF mengatakan jika negara tersebut sedang berusaha untuk mengurangi kerumitan dari sistem pajak perusahaan.

Prancis

Di atas negara Nicaragua adalah negara Prancis yang pemerintahannya berjanji untuk dapat mereformasi sistem serta mengurangi aktivitas pemotongan pajak dari perusahaan. Negara ini memiliki rasio pajak yang besarannya mencapai 66,6%.

Ghana

Selanjutnya adalah negara Ghana yang sebagian besar pajak dari perusahaannya dibayarkan dari pajak flat-rate dari omzet tahun lalu. Rasio dari pajak bisnis di Ghana persisnya terletak di Afrika Barat dengan jumlah mencapai 68.3%.

Brazil

Negara yang satu ini tahun lalu jadi salah satu negara ekonomi tertinggi di Amerika Latin yang berhasil melakukan pemotongan atau pengurangan beban pajak hingga 20% pada gaji usaha dengan harapan tinggi bisa mengubah sistem lama. Ada pun rasio pajak bisnis dari negara ini mencapi 69%.