Bagaimana Cara Memotivasi Diri Anda Sendiri ?

Posted on

Orang yang tidak dapat memotivasi diri kudu senang dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak hiraukan seberapa mengesankan bakat mereka yang lain.
Andrew Carnegie

Jika kamu idamkan lebih unggul dalam hidup, motivasi diri adalah hal yang paling penting. Anda kudu jelas bagaimana langkah untuk memotivasi diri kamu sendiri. Anda kudu dapat menjaga motivasi kamu tetap tinggi, tidak hiraukan seberapa sukar kondisi anda. Itulah satu-satunya langkah untuk mendapatkan kekuatan yang kamu butuhkan, untuk menangani ada masalah anda. Mereka yang putus asa di masa-masa sukar percaya bakal kehilangan rasa percaya diri mereka. Bahkan sebelum pertempuran berakhir.

Pertanyaannya adalah : Bagaimana langkah kamu memotivasi diri sendiri?

Berikut ini adalah beberapa tips efektif yang aku temukan untuk membangun motivasi diri :

1. Memiliki Alasan
Saya tidak dapat menjabarkan, mengapa motivasi merupakan alasan terkuat kamu supaya dapat menghadapi segala rintangan. Motivasi dapat menginspirasi kamu untuk memberi tambahan yang terbaik, apalagi dalam menghadapi kesulitan. Hal ini dapat sebabkan kamu melaksanakan hal-hal yang tampaknya mustahil.

Sementara alasan lainnya dapat menginspirasi kamu hanya untuk sementara. Motivasi merupakan hal penting bagi anda, suatu hal yang dapat menginspirasi kamu tanpa batas.

It’s a spring of motivation that will never dry.

Ketika kamu letih bekerja, kala kamu letih selesaikan tugas kuliah anda, ingatlah target anda. Setiap kali kamu berpikir bahwa kamu kehabisan motivasi, kamu tetap dapat berkhayal “alasan kamu melakukannya”. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan motivasi kamu kembali.

2. Memiliki Mimpi. Sebuah Mimpi Besar

Alasan kamu adalah motivasi anda. Tetapi kamu perlu action untuk membuatnya mimpi kamu menjadi kenyataan. Bayangkan bagaimana dunia kamu di era depan. Bayangkan bagaimana orang bakal hidup dan bekerja.

Memiliki mimpi itu penting, dikarenakan sukar untuk termotivasi jikalau kamu tidak punya keinginan apapun. Mari kami ambil sebuah perumpamaan perihal orang-orang yang bermain basket. Apakah mereka bakal termotivasi untuk bermain jikalau tidak ada keranjang untuk memasukkan bola basket? Saya rasa tidak. Mereka membutuhkan goal. Anda perlu tujuan. Itulah mimpi yang kudu kamu wujudkan.

Tapi punya mimpi saja tidaklah cukup. Mimpi kamu kudu memadai besar untuk menginspirasi anda. Mimpi itu terhitung kudu realistis, tapi menantang. Sehingga anda kudu mengerahkan kekuatan kamu di luar zona nyaman anda.

Baca Juga : Buku Motivasi

3. Memiliki Keinginan yang Kuat
Wanting something is not enough. You must hunger for it. Your motivation must be absolutely compelling in order to overcome the obstacles that will invariably come your way.
Les Brown

Agar terlalu termotivasi, kamu kudu memiliki KEINGINAN KUAT, dan bukan hanya keinginan. Memiliki keinginan belaka tidak bakal membawa kamu melalui masa-masa sulit. Karena kamu tidak idamkan berlangsung suatu hal yang buruk. Dalam banyak kasus layaknya olahraga, keinginan yang kuat dapat sebabkan perbedaan. Antara pemain terbaik, dengan pemain yang biasa-biasa saja.

Bagaimana langkah supaya kamu dapat punya keinginan yang kuat? Alasan kamu dan idaman kamu memainkan peran besar disini. Jika kamu punya alasan dan mimpi besar yang berkaitan, maka kamu tentu punya keinginan kuat di dalam diri anda.

Jika kamu berpikir bahwa kamu kehilangan keinginan, yang kudu kamu melaksanakan adalah untuk menghubungkan kembali alasan kamu dengan mimpi anda. Biarkan keduanya menginspirasi kamu dan membawa keinginan kuat kamu kembali.

4. Berlombalah dengan Diri Anda Sendiri
Saya tidak coba untuk menari lebih baik dari orang lain. Saya hanya coba untuk menari lebih baik dari diriku sendiri.
Mikhail Baryshnikov

Membandingkan diri kamu dengan orang lain adalah langkah yang efektif untuk membuat kamu kehilangan motivasi diri. Walaupun kamu memulainya dengan antusias, kamu bakal kehilangan daya kala kamu memperbandingkan diri kamu dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu berlangsung terhadap anda. Anda punya keistimewaan sendiri, supaya bagaimana perform orang lain bukanlah hal yang pantas untuk dibandingkan.

Membandingkan diri dengan orang lain serupa layaknya memperbandingkan kinerja perenang dengan pelari memanfaatkan standar selagi yang sama. Mereka berbeda. Jadi, bagaimana dapat kamu memperbandingkan satu dengan yang lain?

Satu-satunya pesaing yang kamu punya adalah diri kamu sendiri. Satu-satunya yang kudu kamu kalahkan adalah diri anda. Apakah kamu dapat menjadi yang terbaik?

5. Ambil Satu Langkah Lagi
Sukses bukanlah akhir, dan kegagalan bukanlah fatal. Keberanian untuk melanjutkan adalah hal  yang terpenting.
Winston Churchill

Ketika kamu berjumpa kendala di selama jalan, kemungkinan ada kecenderungan untuk berhenti. Anda kemungkinan berpikir bahwa terlalu sukar untuk melanjutkan kembali. Anda kemungkinan berpikir bahwa idaman kamu tidak kemungkinan untuk dicapai.

Tapi ini adalah selagi yang tepat. Dimana kamu dapat memandang perbedaan antara pemenang dan pecundang. Meskipun keduanya menghadapi ada masalah yang sama, ada satu hal yang sebabkan para pemenang berbeda: keberanian untuk melanjutkan.

Dalam kondisi sulit, fokuslah mengambil alih satu langkah lebih maju. Jangan berpikir perihal bagaimana langkah untuk selesaikan lomba. Jangan berpikir perihal berapa banyak kendala yang menunggu anda. Anda hanya kudu fokus untuk mengambil alih langkah selanjutnya.

6. Selamat Tinggal Masa Lalu..!
Selesaikan tugas-tugas di dalam to do list kamu tiap-tiap hari. Percayalah, kamu sudah melaksanakan apa yang kamu bisa.
Ralph Waldo Emerson

Percaya atau tidak, tidak benar satu hal yang sebabkan kamu kehilangan motivasi terbaik adalah era lantas anda. masa lantas dapat menyeret kamu sebelum kamu menyadarinya. masa lantas dapat memberi tambahan beban berat di pundak anda.

Kabar baiknya adalah, beban itu tidak kudu kamu bawa. Lepaskan dan tinggalkan. Anda kemungkinan melaksanakan kekeliruan di era lalu. Anda kemungkinan mengecewakan orang lain dikarenakan apa yang kamu lakukan. Tapi itu sudah berakhir. Itu adalah era lantas dan tidak ada yang dapat ubah.

Hari ini adalah hari baru, dan kamu punya peluang untuk memulai kembali. Tidak hiraukan seberapa jelek era lantas anda, kamu masih punya era depan cerah yang menunggu anda. Jangan biarkan beban era lantas menghentikan kamu mengejar idaman anda..!

***

Terapkan tips ini dan motivasi diri anda. Jangan senang dengan kondisi yang biasa-biasa saja. Biarkan motivasi membawa kamu menjadi manusia yang tambah unggul. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!