Cara Memperbaiki Mesin Genset yang Rusak

Posted on

Cara Memperbaiki Mesin Genset yang Rusak

Jual Genset Isuzu – Generator set lebih mudah disebut genset merupakan salah satu sumber listrik cadangan yang saat ini sangat populer terutama di kalangan masyarat urban. Dengan memanfaatkan teknologi terbaik dari genset, maka pasokan listrik bisa diperoleh terutama bila listrik PLN padam namun sayangnya kemudahan dalam menggunakan genset tidak seperti yang selama ini kita bayangkan karena genset juga rentan mengalami kerusakan.

Berbagai macam masalah bisa muncul ketika kita sering menggunakan mesin genset. Kerusaka tersebut sangat beragam, sehingga cara mengatasinya pun sangat beragam. Ada genset yang mengalami kerusakan ringan dan ada pula beberapa genset yang sudah sangat rusak sehingga tidak bisa lagi diperbaiki. Lantas, apa saja sih kerusakan yang biasa terjadi pada mesin genset dan bagaimana cara yang benar untuk mengatasinya?

Mesin Genset yang Tidak Mau Menyala

Berbagai kemungkinan yang bisa menjadi penyebab mengapa mesin genset Anda tidak bisa dinyalakan. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba berbagai cara mudah di bawah ini:

  1. Cobalah untuk melakukan pengecekan bahan bakar, karena seharusnya mesin genset itu terisi dengan bahan bakar yang penuh
  2. Jika dengan menstarter tidak dapat membuat genset Anda hidup, maka Anda bisa mencoba menghidupkan mesin genset dengan cara menarik recoil starter mesinnya.
  3. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada pengapian busi, jika kotor Anda bisa langsung membersihkannya namun jika pengapiannya kecil Anda bisa mengganti businya saja dengan yang baru
  4. Aki yang digunakan untuk starter mesin genset bisa jadi dalam kondisi lemah atau habis, maka dari itu Anda bisa mengisi ulang akinya atau ganti saja dengan yang baru
  5. Bisa saja genset tidak bisa menyala karena ada beberapa kabel listrik yang tidak Anda sadari tidak sengaja tersambung atau bahkan terputus. Oleh karena itu, wajib melakukan pengecekan kabelnya dengan baik.
  6. Mesin genset tidak bisa menyala bisa jadi karena kondisi motor starter rusak dan untuk mengatasi kendala ini Anda hanya perlu mengganti motor starter dengan yang terbaru yang tidak kalah kualitasnya.