cara menyimpan buah agar tetap segar

Posted on

7 Trik Penyimpanan Buah biar Tetap Segar, Gak Ada Lagi yang Busuk!

Buah adalahsumber makanan sehat yang seharusnya anda konsumsi masing-masing hari. Agar tidak merepotkan, anda sering melakukan pembelian barang buah guna persediaan sejumlah hari ke depan.

Sayangnya, masih tidak sedikit orang yang salah dalam menyimpan buah. Sehingga, kesegarannya tidak terjaga. Nah, agar buah favoritmu bukan lagi terbuang sia-sia, IDN Times bakal memberikan sejumlah trik guna menyimpannya.
1. Apel dan pir

Sebenarnya, menyimpan apel atau pir paling mudah, lumayan di dalam suhu ruangan. Namun, untuk mengawal kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas.

Buah ini bisa memproduksi gas etilen lebih tidak sedikit dibanding yang lainnya. Etilen ialah senyawa yang dapat menolong buah atau sayuran dalam proses pematangan.

Maka dari itu, tidak boleh simpan buah itu saling berdekatan, karena dapat memicu buah lainnya cepat membusuk. Lebih baik anda menggunakan wadah terpisah atau dapat juga membungkusnya dulu sebelum ditabung di kulkas.
2. Mangga
Mangga juga dapat matang dengan sendirinya. Makanya tidak sedikit orang yang suka menjualnya ketika masih mentah. Kamu yang suka santap mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas.

Jika anda menyimpannya dalam suhu ruangan, proses pematangannya dapat semakin cepat, kira-kira selama 3 hari. Mangga matang dapat bertahan sampai dua pekan di dalam kulkas. Namun, mangga yang telah dikupas atau dicukur hanya bisa bertahan 2-3 hari di dalam kulkas.
3. Pisang

Jika anda masih menyimpan pisang di dalam kulkas, lebih baik hentikan kelaziman itu. Rasa dan kualitas pisang bakal lebih baik bila ditabung di dalam suhu ruangan.

Sayangnya, pisang yang ditabung dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan 1-2 hari saja. Supaya pisang dapat bertahan lama, kamu dapat mencoba trik dalam video di atas.

Baca juga: Berdasarkan keterangan dari Penelitian, Kombinasi Buah Ini Justru Beracun Jika Dimakan!
4. Semangka

Semangka paling pas untuk menyerahkan kesegaran ketika cuaca panas dan dehidrasi. Lebih baik anda menyimpannya dalam kulkas supaya tetap terasa manis dan segar.

Semangka utuh dapat bertahan sekitar 10 hari dalam suhu ruangan, sementara di dalam kulkas dapat hingga dua pekan. Sedangkan, guna semangka potong, anda harus membungkusnya laksana di supermarket sebelum masuk kulkas.

Tindakan tersebut dapat membuat semangka bertahan sampai tiga hari dan rasanya tetap terjaga.
5. Melon

baca juga: Slondok Magelang

Agen Distributor SlondokĀ 

Sama halnya dengan semangka, melon pun menjadi buah kesayangan di kala cuaca sedang panas terik. Simpanlah melon potong di dalam kulkas supaya teksturnya terjaga, buah tidak lembek dan berair.

Sedangkan, melon utuh lumayan disimpan pada suhu ruangan saja. Berdasarkan keterangan dari U.S. Department of Agriculture (USDA), kandungan antioksidan dalam melon yakni likopen dan betakaroten bakal berkurang bila ditabung di dalam kulkas.
6. Jeruk
Jeruk tergolong yang sangat mudah dikomparasikan buah lainnya. Kamu melulu tinggal menyimpannya di dalam kulkas untuk mengawal rasa dan kualitasnya.

Tidak terdapat syarat dan peraturan khusus lainnya, jeruk tidak mengakibatkan sayuran atau buah di dekatnya menjadi cepat busuk. Hanya saja, usahakan menyimpan jeruk tidak secara bertumpuk. Hal itu bisa dominan rusaknya buah di bawahnya.

Dalam suhu ruangan, jeruk dapat bertahan melulu satu pekan. Sedangkan, di dalam kulkas dapat bertahan sampai satu bulan.