Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Posted on

Iklan Koran Bisnis Indonesia – Iklan adalah salah satu langkah komunikasi oleh seseorang, instansi / lembaga, atau perusahaan yang digunakan untuk memberikan pesan atau informasi bersama dengan bersama dengan langkah atau wujud yang menarik kepada khalayak lazim kegunaan mendorong atau membujuk atau lebih tertarik untuk manfaatkan barang atau jasa yang di tawarkan.

Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada masyarakat / banyak orang berkenaan barang dan jasa yang dijual, iklan biasa dipasang di media massa seperti koran dan majalah, tv, website atau di tempat-tempat umum.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Secara garis besar sanggup dikelompokan menjadi dua yakni Iklan Komersial dan Iklan Non-Komersial.

1. Iklan Komersial (bisnis)

Yaitu iklan yang mempunyai tujuan meraih keuntungan ekonomi, utamanya menaikkan penjualan. Iklan style ini sanggup dibagi kembali menjadi tiga, yaitu:
• Iklan Konsumen – yakni iklan komersial yang ditujukan kepada costumer akhir, yakni pengguna paling akhir suatu produk.
• Iklan Bisnis – yakni iklan komersial yang ditujukan kepada seseorang atau instansi yang akan produksi atau menjual product yang diiklankan selanjutnya kepada costumer akhir.
• Iklan Profesional – yakni iklan komersial yang ditujukan kepada segmen khusus, yakni para profesional.

2. Iklan Non-Komersial

Iklan yang digunakan untuk memberikan informasi, membujuk atau edukatif khalayak di mana tujuan akhir bukan untuk meraih keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial di sini sanggup artinya penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan pergantian perilaku masyarakat pada kasus yang diiklankan, dan juga meraih citra baik di mata masyarakat. Iklan style ini biasa disebut iklan sarana masyarakat.