Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kuningan

Posted on

Travel Bekasi Kuningan РKabupaten Kuningan merupakan sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Kuningan. Kuningan kaya akan banyak ragam objek wisatanya, sebut saja Wisata Cibulan, Linggarjati dan Objek Wisata Waduk Darma. Gedung Perundingan Linggarjati Bangunan bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Di mana letak gedung ini pas di kaki Gunung Ciremai bagian tenggara, ke arah Utara dari kota kuningan atau kearah selatan dari kota Cirebon. Daya tarik Sangkanhurip Alami yaitu terhadap pemandian air panas beryodium yang menyehatkan dan menyegarkan.

Selain itu Kuningan termasuk terdapat Ikan Dewa dan Sumur 7 Cibulan. Kolam ikan Dewa dan Sumur Tujuh Cibulan yang berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana ini menyajikan suasana alam berpadu bersama dengan keunikan Ikan Dewa dan Sumur Tujuh-nya. Cibulan punya kekhasan terhadap kolam ikannya yang dihuni oleh Kanra Bodas (Labeobarbus doumensis) atau akrab disebut Ikan Dewa.

Sumur Tujuh Cibulan yang berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana ini menyajikan suasana alam berpadu bersama dengan keunikan Ikan Dewa via @rismanaris
Tak ketinggalan, Kabupaten ini termasuk punya Taman Purbakala Cipari. Taman bercorak megalitikum yang terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur ini adalah tidak benar satu tempat ditemukannya peninggalan kebudayaan prasejarah di Kabupaten Kuningan. Dengan luas 6.364 meter persegi, ditemukan tiga peti kubur batu yang di dalamnya terdapat bekal kubur berwujud kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Sebagai lokasi yang berada di tempat Priangan timur, kabupaten Kuningan kaya akan seni budaya Sunda yang khas, berlainan dari lokasi Sunda bagian barat. Berikut adalah seni budaya yang berkembang di tengah-tengah penduduk Kabupaten Kuningan: Cingcowong,Upacara minta hujan, Sintren, Goong Renteng, Tayuban, Pesta Dadung, Gembyung Terbangan Tradisi Kawin Cai Balap kuda Saptonan

Wilayah Utama Kuningan

Kabupaten Kuningan terdiri atas 32 kecamatan, yang dibagi ulang atas sejumlah 361 desa dan 15 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Kuningan. Bagian timur lokasi kabupaten ini adalah dataran rendah, tengah di bagian barat berwujud pegunungan, bersama dengan puncaknya Gunung Ceremai (3.076 m) di perbatasan bersama dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

Permukaan tanah Kabupaten Kuningan relatif datar bersama dengan variasi berbukit-bukit terutama Kuningan bagian Barat dan bagian Selatan yang mempunyai ketinggian berkisar 700 meter di atas permukaan laut, hingga ke dataran yang agak rendah layaknya lokasi Kuningan bagian Timur bersama dengan ketinggian pada 120 meter hingga bersama dengan 222 meter di atas permukaan laut. Ketinggian di suatu tempat mempunyai dampak terhadap suhu udara, oleh gara-gara itu ketinggian merupakan tidak benar satu faktor yang memilih dalam pola pemanfaatan lahan untuk pertanian, gara-gara tiap tiap type tanaman menghendaki suhu khusus cocok bersama dengan karakteristik tanaman yang bersangkutan.

Kemiringan tanah yang dimiliki Kabupaten Kuningan terdiri dari: dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, lereng, lembah dan pegunungan. Karakter selanjutnya punya bentang alam yang cukup indah dan udara yang sejuk, terlampau potensial bagi pengembangan pariwisata. Permukaan tanah Kabupaten Kuningan relatif datar bersama dengan variasi berbukit-bukit terutama Kuningan bagian Barat dan bagian Selatan yang mempunyai ketinggian berkisar 700 meter di atas permukaan laut, hingga ke dataran yang agak rendah layaknya lokasi Kuningan bagian Timur bersama dengan ketinggian pada 120 meter hingga bersama dengan 222 meter di atas permukaan laut.