Rekreasi Pertanian Ala Taiwan

Posted on

Taiwan sudah terkenal sebagai tujuan wisata belanja dan gudangnya makanan lezat bagi wisatawan Indonesia. Jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih 5 jam penerbangan dari Jakarta. Seperti tipikal negara empat musim, Taiwan selalu berubah-ubah tiap periodik tiga bulanan, menyediakan bunga dan buah di musim-musim tertentu. Seperti sakura/cherry blossom di musim semi, bunga lily di musim panas, daun maple di musim gugur, dan bunga plum saat musim dingin. Wisata ini pun menjadi tren yang sangat menjanjikan bagi Taiwan karena dapat diikuti bahkan bagi wisatawan muslim.

Saat itu bulan Oktober dan Taiwan telah memasuki musim gugur, cuacanya cukup hangat dengan semilir angin sepoi-sepoi yang mendinginkannya. Calem, Perwakilan dari Taiwan Leisure Farm Development Association(TLFDA) mengajak mengunjungi sembilan pertanian anggota TLFDA dari total 170 angota saat ini. Dari penjelasan Calem, saya memahami tujuan TLFDA sebagai organisasi non laba yang didirikan tahun 1998 adalah menjadikan pertanian sebagai area rekreasi.

Wisatawan tidak hanya diajak memetik buah atau bunga, karena banyak kegiatan tematik yang berbeda-beda di tiap pertanian dan semuanya bisa diikuti wisatawan semua umur, dari keluarga, grup hinga wisatawan bulan madu. Calem menjelaskan, menjadi angota TLFDA tidak mudah, harus mengajukan aplikasi berlisensi dan mengikuti kursus pelatihan. TLFDA akan selalu mengontrol kualitas layanan dan pemasaran yang terintegrasi untuk angotanya.

Bersama Taiwan Tourism Board, TLFDA terus mengalakkan wisata pertanian rekreasi dengan mengeluarkan banyak promo menarik. Salah satunya, voucher gratis mengikuti tur pertanian dan membawa pulang buah dan bunga seharga 180 NT. Voucher tersebut dapat ditukarkan di Taiwan Tourism Board dengan hanya menunjukkan tiket pesawat dan paket wisata ke Taiwan. Calem mengajak saya mengunjungi sembilan pertanian angota TLFDA.

Genset Perkins untuk Tempat Rekreasi

Selain sesuai standar yang ditetapkan TLFDA, pertanian tersebut memiliki kelengkapan restoran dan wisata halal. Di Shangrila Leisure Farm, Toucheng Leisure Farm, Meihua Lake Leisure Farm, Fairy Story Organic Leisure Farm, Zhuo Ye Cottage, Flying Cow Ranch, Taiyi Ecological Leisure Farm, Forest 18 Leisure Farm, Long Yun Leisure Farm, dan Zhou Ma Lai Leisure Farm.

Wisatawan muslim akan merasa aman akan kehalalan menu yang disajikan, kegiatan rekreasi yang beragam, dan kemudahan beribadah. Walaupun tidak menyediakan musala permanen, tersedia ruangan khusus dengan area laki-laki dan perempuan yang dipisah dan terjamin kebersihannya.

Soal kegiatan, sembilan pertanian ini memiliki kegiatan khasnya masingmasing. Kegiatan tersebut bisa mengakrabkan satu sama lain. Di Toucheng Leisure Farm, ada kegiatan membuat lentera dari kertas yang nantinya akan diterbangkan dan melukis kaos.

Di Zhuo Ye Cottage (http://www.joye.com. tw/) di kota San Yi, distrik Miaoli, wisatawan akan merasakan pengalaman tingal di desa pertanian tradisonal Taiwan, bermalam di 18 kamar yang ditata dengan interior berbeda bernuansa warna indigo.

Dikelilingi alamnya yang asri, Zhuo Ye Cottage mengajak kita mengikuti kegiatan pencelupan indigo dari ekstrak daun Malan/Tarum (Indigofera, suku polong-polongan atau Fabaceae), dan makan siang sehat di restaoran dengan bahan baku yang dipetik langsung dari kebun.

Sebuah taman rekreasi memerlukan sebuah genset untuk tetap menjaga semua peralatan elektronik tetap dapat dioperasikan. Genset Perkins merupakan solusi dari semua ini karena kualitas yang terjamin awet dan tahan lama. Tak hanya itu saja, disisi lain harga genset Perkins pun juga murah jika anda tepat membelinya di distributor yang resmi yang berada di kota Jakarta, Bandung, Bali, Jogja, Surabaya, dan Semarang.