Yuk, Nikmati 6 Tempat Wisata Jogja Bernuansa Alam yang Masih Tersembunyi Ini

Posted on

Wisata Jogja sangatlah mempesona. Banyak orang yang memasukkan area ini didalam daftar destinasi liburan mereka. Mungkin, salah satunya Anda. Berkunjung di area saudara atau teman di Jogja, lantas menghabiskan waktu dengan berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jogja  tentu jadi kesibukan mengasyikkan dan terlampau dinantikan untuk isi liburan Anda. Apalagi kalau ditemani keluarga.

Anda sesungguhnya tidak salah pilih. Banyak area wisata yang ditawarkan kota kecil nan elok ini, terlebih wisata alamnya. Mungkin, selama ini orang mengenal pantai Parangtritis, pantai Indrayanti, lebih dari satu pantai di Gunungkidul, kraton, Kaliurang, dan air terjun Sri Gethuk sebagai wisata alam Jogja yang paling eksotis. Padahal, tidak! Masih ada segudang area wisata ulang di Jogja yang tersembunyi. Mau tahu area wisata apa sajakah itu? Simak satu per satu yuk!

1. Kalibiru

Dengan menggunakan paket tur Jogja, ada yang tidak serupa dari daftar yang disajikan terhadap salah satu paket wisatanya. Kalibiru. Nama area yang tetap terlampau asing di telinga. Ya, Kalibiru merupakan salah satu wisata alam di Jogja yang waktu ini sedang naik daun. Sebuah desa wisata yang berada di ketinggian Kulonprogo, di mana mata Anda dapat termanjakan dengan pemandangan perbukitan menoreh. Selain mampu lihat Waduk Sermo, di area ini Anda terhitung mampu lihat deburan ombak pantai selatan yang memutih. Uniknya dari area ini ada terhadap area pijakan Anda waktu mnikmati keindahan pemandangan di bawahnya. Jangan dibayangkan Anda berada di sebuah puncak perbukitan yang luas ya. Anda cuma dapat berpijak terhadap sebuah papan berukuran kurang lebih 5 x 4 meter di sebuah pohon. Tempat ini jadi spot paling pas untuk meraih view terkeren. Anda pun mampu berfoto ria di area ini. Tapi, hati-hati ya. Karena areanya yang terlampau sempit, tidak sangat mungkin Anda untuk bergerak bebas. Sebab, jurang yang ada di bawahnya tetap siap menangkap Anda kalau sampai jatuh.

2. Mangunan atau Umbul Mangunan

Wisata ini tidak kalah menarik dibanding area wisata lain. Sebuah hamparan perkebunan buah yang berada di salah satu dataran tinggi di Bantul. Di area ini juga, Anda mampu lihat kota Bantul sekaligus deburan ombak di Pantai Parangtritis cuma dari satu tempat. Udaranya yang fresh terhitung mampu jadi obat bagi kepenatan tubuh Anda. Tidak cuma itu, sebelum akan meraih lokasi, Anda dapat berjumpa dengan hutan yang ditumbuhi pohon pinus. Sebuah pemandangan unik dan langka yang rugi untuk Anda lewatkan. Biasanya, area ini sering dijadikan sebagai wilayah foto prewedding dikarenakan keindahan dan sifatnya yang terlampau private. Anda terhitung mampu kok berhenti dan datang sebentar untuk nikmati ketenang dan kesejukannya. Maka dari itu, dapat lebih nyaman kalau Anda memakai jasa rental mobil Jogja. Anda mampu berhenti sewaktu-waktu di spot-spot indah selama perjalanan.

3. Tebing Breksi

Tempat wisata ini terhitung unik. Sebab, Anda cuma dihadapkan terhadap sebuah area yang merupakan bekas pertambangan. Namun, jangan salah sangka dulu. Hasil penambangan justru mengakibatkan guratan-guratan indah di tebing sampai nampak seperti mahakarta seni raksasa yang mengagumkan. Anda mampu menapaki anak tangga yang udah dibikin untuk mampu meraih atas tebing. Dari atas tebing inilah Anda mampu lihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan, dan Candi Barong dengan latar belakang gagahnya Gunung Merapi. Tak jauh dari area ini, terkandung pula Tlatar Seneng, sebuah area luas yang kebanyakan digunakan untuk menggelar pertunjukkan, lengkap dengan area duduk melingkar. Sekilas, panggung ini seperti Colosseum Roma Italia. Banyak wisatawan lokal yang datang ke area ini cuma untuk sekadar berfoto ria dan mengagumi keeksotisannya. Karena tetap tersembunyi, belum banyak paket wisata Jogja yang sertakan area ini sebagai salah satu obyek wisata mereka. Jadi, dapat lebih nyaman kalau Anda memakai jasa sewa mobil Jogja dan meminta mengantarkan ke area ini. Jangan khawatir, setiap orang Jogja pasti udah mengenalnya.

4. Umbul Ponggok

Snorkling di air laut? Itu mah udah biasa. Di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah, tepatnya di kota Klaten, Anda mampu bersnorkling ria di air tawar. Unik bukan? Ya, Umbul Ponggok, sebuah kolam renang yang sekilas kelihatan biasa seperti terhadap kebanyakan kolam renang di hotel Jogja. Tapi siapa sangka, di bawah kolam raksasa selanjutnya tersaji hamparan pemandangan indah, seperti meja, kursi, penjara, motor vespa, dan sebagainya. Uniknya lagi, kolam renang ini tidak berlantaikan keramik, tetapi hamparan pasir nan luas, supaya kesan alami tetap tercipta. Jadi, buat Anda yang idamkan bersnorkling dan berfoto-foto ria tanpa kudu kuatir terkena derasnya arus ombak, di sinilah tempatnya. Dijamin, hobi fotografi dan snorkling Anda dapat termanjakan di Umbul Ponggok ini.

5. Puncak Kosakora

Buat Anda yang mengaku tetap muda dan kekinian, pasti tidak dapat membebaskan area eksotis ini. Sebuah pegunungan karst yang curam di Gunungkidul yang tawarkan pemandangan pantai di bawahnya. Tak heran, dikarenakan pegunungan ini terletak satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik di Gunungkidul. Hobi selfie Anda pun dapat termanjakan di sini. Meskipun kudu trekking selama dua jam dengan medan yang tidak sulit, kelelahan Anda dapat terbayar lunas begitu lihat pemandangan yang dihadirkan, menjadi dari bentangan ladang-ladang masyarakat sampai hamparan pasir pantai selatan nan elok. Tapi, sebaiknya Anda datang ke area ini di pagi atau sore hari. Sebab, di siang hari, matahari terlampau terik menyengat kulit. Pokoknya rugi deh kalau tidak berkunjung ke area ini waktu ada di Jogja.